Selasa, 10 Mei 2011

SKB - Aspek Pasar


ASPEK PASAR

Tujuan Perusahaan memasarkan Produk
¨  Untuk meningkatkan penjualan dan laba
¨  Untuk menguasai pasar
¨  Untuk mengurangi saingan
¨  Untuk menaikkan prestise produk
¨  Untuk memenuhi pihak tertentu

Tujuan Kegiatan Pemasaran
¨  Memaksimalkan konsumsi atau merangsang konsumsi
¨  Memaksimalkan kepuasan pelanggan
¨  Memaksimalkan pilihan ragam produk
¨  Memaksimalkan mutu hidup (kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga pokok, mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur)
¨  Meningkatkan penjualan barang dan jasa
¨  Menguasai pasar dan pesaing
¨  Memenuhi kebutuhan akan produk
¨  Memenuhi keinginan pelanggan

Pengertian Pasar dan Jenisnya
¨  Pasar diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual danpembeli untuk melakukan transaksi (Pasar nyata)
¨  Pasar diartikan sebagai himpunan penjual dan pembeli baik pembeli nyata amaupun pembeli potensial.
¨  Pemasaran Merupakan proses sosial manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan cara menukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
¨  Bisakah penjual dan pembeli tidak ketemu ?

Struktur Pasar
¨  Pasar Pesaing Sempurna,  dimana terdapat sejumlah penjual dan pembeli, penjual tidak dapat mempengaruhi harga (homogen)
¨  Pasar pesaing Monopolistik, dimana banyak penjual/ perusahaan yang relatif sama besar. 
¨  Pasar Oligopolik, adalah sebuah struktur pasar dimana sedikit penjual karena barang standar (semen, baja, kendaraan)
¨  Pasar Monopoli, Dimana hanya terdapat satu penjual saja

Kelompok Pasar
¨  Pasar Konsumen, dimana individu dan rumah tangga membeli/ memperoleh barang dan jasa untuk dikonsumsi sendiri
¨  Pasar Industri, Pihak membeli barang dan jasa  untuk digunakan sebagai barang dan jasa baru
¨  Pasar Reseller (Penjualan kembali), adalah suatu pasar yang terdiri daro individu dan organisasi yang melakukan penjualan kembali
¨  Pasar Pemerintah, unit pemerintah yang membeli dan menjual barang/ jasa.

Segmentasi Pasar
Artinya membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau marketing mix berbeda
¨  Segmentasi Berdasarkan Geografis
¨  Segmentasi Berdasarkan Demografis
¨  Segmentasi Berdasarkan Psikografis
¨  Segmentasi Berdasar Perilaku

Market Targeting/ Pasar sasaran
¨  Evaluasi Segmen Pasar
                # Ukuran dan Pertumbuhan Segmen
                # Struktur Profitabilitas
                # Sasaran Sumber daya Perusahaan
¨  Pemilihan Segmen Pasar
                # Pemasaran Serbasama
                # Pemasaran Serbaneka
                # Pemasaran Terpadu

Marketing Mix
¨  Strategi Produk (Motto, logo, merek, kemasan, dan, label).
Produk adalah sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Menurut Philip Kotler, Produk adalah sesuatu yanag dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli, untuk digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan
¨  Strategi Harga
-          Skiming Pricing, yaitu harga awal produk yang ditetapkan setingging-tingginya karena kualitas
-       Penetration Pricing, yaitu dengan menetapkan harga yang serendah mungkin guna menguasai pasar.
-          Status Quo Pricing, menetapkan harga sesuai dengan pesaing
 
¨  Tujuan Penentuan Harga
-          Untuk bertahan hidup
-          Untuk memaksimalkan laba
-          Untuk memperbesar market share
-          Mutu Produk
-          Pesaing Pasar
Penetapan Harga Berdasarkan Biaya
·         Cost Plus Pricing
        Harga Pokok = VC  +  FC/TS
        VC = Variabel Cost (Biaya Variabel)
        Fc  = Fixed Cost (Biaya tetap
        TS  = Total Sales
·         Cost Plus Pricing dengan mark up
 Harga dg MarkUp = Harga Pokok per unit / (1-Laba yg diinginkan)
·         Target Pricing/ BEP
                                BEP  = FC / (P-VC) atau FC/ ((1- (VC/P) 
·         Percieved Value Pricing
~ Menurut Pelanggan, berdasarkan kosumen Utama/ primer dan sekunder/ biasa
~ Menurut Bentuk Produk, berdasarkan kelebihan fasilitas suatu produk seperti Master Card atau Visa Card
 ~ Menurut Tempat, berdasar Lokasi/tempat
 ~ Menurut Waktu, Bedasar periode atau massa tertentu.

Langkah langkah Peramalan
¨  Mengumpulkan Data
¨  Mengolah Data
¨  Menentukan Metode Peramalan
¨  Memproyeksikan Data
¨  Mengambil Keputusan

Jenis Peramalan
¨  Tim Series (Deret Waktu)
                ~ Metode Smoothing, digunakan untuk mengurangi ketidakteraturan,  maks 2 thn
                ~ Metode Box Jenkins, Guna perencanaan anggaran dibutuhkan  min 2 thn
                ~ Proyeksi Trend/ Regresi, digunakan untuk produk baru/rencana ekspansi.
¨  Sebab Akibat (Causal Metods),
~ Metode Korelasi/ Regresi à mengetahui derajat hubungan linier antar satu variabel dengan variabel yg lain.
                 ~ Model Output Input
                 ~ Model Ekonometri
¨  Metode Regresi

Prosedur Peramalan Pemintaan
¨  Analisa Ekonomi
¨  Analisa Industri
¨  Analisa Penjualan Masa Lalu
¨  Analisa Peramalan Permintaan
¨  Analisa Hasil Peramalan

Kendala Pemilihan Teknik Paramalan
¨  Waktu yang hendk diliput
¨  Tingkah laku data, meliputi jumlah
¨  Tipe model (Time series)
¨  Biaya yang tersedia
¨  Tingkat ketepatan
¨  Kemudahan penerapan

Pengukuran Permintaan Produk
PE   =  P  +  ( I  +  E  )  +  dC
PE  = Permintaan Efektf
P   = Produktif dalam negeri
I  = Impor yang dilakukan
E  = Ekspor yang dilakukan
dC = Jumlah perubahan cadangan produksi

Judul Makalah Diskusi
¨  Judul Makalah Kelompok (Pilih salah satu)
  1. Analisis Study Kelayakan Proyek PT Sari Bunga Alam ditinjau dari Aspek Pasar
  2. Analisis Study Kelayakan Proyek Condominium Ciputat ditinjau dari Aspek Pasar
  3. Analisis Study Kelayakan Proyek PT. Langen Fild BSD dititinjau dari Aspek Pasar
  4. Anaisis Study Kepalayakan Proyek PLTN ditinjau dari Aspek Pemasaran


Contoh proyeksi penjualan masa yang akan datang: memakai metode trend least square
Seorang pengusaha akan membuka pabrik sikat di kota A dgn target pasarkota tersebut. Untuk itu pengusaha tsb ajan memproyeksikan penjualan sikat thun 2011. Data historis yg dikumpulkan dari thn 2000 s.d. tahun 2010 adalah sbb :
Tahun     Periode  Penjualan              XY            X2
2000       -5            85                           -425        25
2001       -4            90                           -360        16
2002       -3            94                           -282        9
2003       -2            98                           -196        4
2004       -1            104                         -104        1
2005       0              108                         0              0
2006       1              114                         114         1
2007       2              116                         232         4
2008       3              118                         354         9
2009       4              122                         488         16
2010       5              126                         630         25
Total       0              1175                       451         110

 a = 1175/11 = 106,818
 b = 451/110 = 4,100

PERSAMAAN trend least squarenya sbb :
Y =a+bX
Y=106,818 +4,100X, X adalah variabel waktu
b=4,100 artinya setiap tahun terjadi peningkatan penjualan rata-rata sebesar 4,100
berdasarkan persaam tsb maka proyeksi penjualan sikat di kota A adalah sbb :
Y = 106,818+4,100 (6)
  = 131,418 atau 131.418 unit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar