Kamis, 12 Mei 2011

Perdagangan Internasional- Prosedur Impor


PROSEDUR IMPOR
Impor adalah sebagai kegiatan memasukkan barang dari suatu negara kewilayah pabean negara lain (dari luar negeri ke dlm. Negeri), dalam hal ini Negara luar sebagai supplier sedang negara kita sebagai penerima

Prosedur:
1.       Pre Impor.
Pada tahap ini importir menyiapkan segala sesuatu kelengkapan-kelengkapan yang berkaitan dengan perizinan
a. Izin dari Kement. Perdagangan RI yang disebut    Angka pengenal .
b. Mengajukan fasilitas Kemudahan kepada Menkeu ttg bebas bea masuk.
Pembebasan Bea Masuk & penangguhan PPh dan PPnBM
Pengembalian Bea Masuk dan Pembayaran PPn dan PPnBM
c. Izin Khusus
 Untuk impor bukan barang baru/barang bekas ke Mendag  dan Surveyor independen ( SUCOFINDO)  Izin harus sudah ada sebelum barang dikapalkan.  Jika barang yang di impor barang baru izin tdk diperlukan.

2.Pelaksanaan Impor
a. Setelah terjadi kesepakatan/sale contrak impor baru bisa dilaksanakan.
b. Kedatangan dokumen akan diberitahukan oleh pihak bank. (jika Menggunakan L/C) atau dokumen impor akan diterima via international courir langsung dari eksportir.
c.Kedatangan kapal akan diberi tahu oleh shipping company / international freight forwarder.

3. Pengambilan barang
Importir menukarkan Bill of lading dengan delivery ordrer di shipping company untuk mengeluarkan peti kemas, dengan dokumen pendukung spt: Bill of lading, Packing List, Invoice, Ciertificate of origine (jika ada), SK  Menkeu ttg.bebas bea masuk ( jika ada), Cetificate Insurance, Izin khusus ( Jika brg. Bekas),  Delivery order dari shipping   comppany.

4. Menghitung bea masuk sendiri
Rumus menghitung bea masuk & bea Tambahan.
  1. Bea Masuk =…%x(CIF/CNF x NDPBM)
  2. BM Tambahan = …% x(CIF/CNF x NDPBM)
  3. PPN =….%x(CIF/CNFxNDPBM)+BM +BMT
  4. PPnBM =….%x(CIF/CNFxNDPBM)+BM+BMT
  5. PPn Psl.22 = …%x(CIF/CNFxNDPBM)+BM+BMT.
Penjelasan :
CIF=Harga barang dari LN+Asuransi + ongkos angkut dr.negara asal s.d penimbunan digudang pelabuhan tujuan.
CNF=Harga barang dr LN dng ongkos angkut dan bea tambang dari negara asal dan sampai ditimbun dipelabuahan negara Tujuan.
NDPBM =Nilai Dasar Prehitungan Bea Masuk
CIF/CNF x NDPBM = Harga Pabean

Bila Freight( biaya Tamabang) tdk. Tertera dalam bill of lading, maka besarnya Freight di tetapkan :
   1. 15 % dari harga FOB.utk.barang yang ber asal dari eropa, afrika, atau Amerika.
   2.  10 % dari harga FOB untuk yang berasal dari Asia non ASIAN/australia.
   3.  5 % dari harga FOB untuk brg yang berasal dari Asian
   4.  Harga FOB adalah harga barang diluar negeri sampai dimuat diatas kapal di pelab.asal.
   5.  Jika tdk.bisa menunjukan Polis asuransi, besarnya asuransi ditetapkan 0,05% dari harga CNF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar