Minggu, 08 Mei 2011

Modul Pemasaran - Strategi

STRATEGI


STRATEGI adalah ilmu dan seni menggunakan kemampuan bersama sumber daya dan lingkungan secara efektif yang terbaik.
Terdapat 4 (empat) unsur penting dalam pengertian strategi, yaitu : kemampuan, sumber daya, lingkungan dan tujuan.
Strategi yang ditetapkan tidak boleh mengabaikan tujuan, kemampuan, sumber daya, dan lingkungan. Keberadaan strategi mempunyai jangka waktu relatif panjang, hal tersebut menyiratkan prediksi perubahan lingkungan penting memperoleh perhatian.

Defenisi Strategi :
Menurut Gerry Johnson dan Kevan Scoles (Exploring Corporate Strategy),
Strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam dan lingkungan yang berubah untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi harapan pihak yang berkepentingan.
Menurut Henry Mintzberg,
Strategi sebagai 5P, yaitu strategi sebagai PERSPECTIF, strategi sebagai POSISI, strategi sebagai PERENCANAAN, strategi sebagai POLA kegiatan, dan strategi sebagai PENIPUAN (Ploy) yaitu muslihat rahasia.

Perspektif  strategi dalam membentuk misi, misi menggambarkan perspektif kepada semua aktifitas.
Posisi  dicari pilihan untuk bersaing.
Perencanaan  dalah hal strategi menentukan tujuan performansi perusahaan.
Pola kegiatan  dalam strategi dibentuk pola, yaitu umpan balik dan penyesuaian.

Secara umum strategi adalah rencana tentang serangkaian manuver, yang mencakup seluruh elemen yang kasat mata maupun yang tak kasat mata, untuk menjamin keberhasilan mencapai tujuan.

PEMASARAN
Defenisi Pemasaran

- Menurut Philip Kotler dan Amstrong, Pemasaran adalah suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
- Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahan
- Menurut W.Stanton, Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang/jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen maupun pembeli potensial.
- Secara singkat Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang salaing berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.

Fungsi-fungsi Pemasaran :
1. FUNGSI PERTUKARAN  pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran secara barter untuk dipakai sendiri ataupun untuk dijual kembali.
2. FUNGSI DISTRIBUSI FISIK  dilakukan dgn cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen baik melalui darat, laut, udara, dsb. Penyimpanan produk untuk menjaga produk agar tidak kekuangan saat dibutuhkan.
3. FUNGSI PERANTARA  dilakukan melalui perantara pemasaran yg menghubungkan aktifitas pertukaran dgn distribusi fisik. Aktifitas fungsi perantara a.l. seperti pengurangan risiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi/penggolongan produk.

KONSEP PEMASARAN

Konsep-konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi, dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar.
Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik thd kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
Permintaan adalah keinginan akan produk yg spesifik yg didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

MACAM-MACAM KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran ada 6 (konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran, pemasaran sosial, pemasaran global)
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yg diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

1. KONSEP PRODUKSI  konsumen akan menyukai produk yg tersedia dimana-mana dan harganya murah. Berorientasi pada produksi dgn mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yg luas. Tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, dengan anggapan konsumen akan menerima produk yg tersedia secara luas dgn daya beli mereka.

2. KONSEP PRODUK  konsumen akan menyukai produk yg menawarkan mutu, performa dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen adalah membuat produk berkualitas, dengan anggapan konsumen menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri-ciri terbaik.

3. KONSEP PENJUALAN  konsumen dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4. KONSEP PEMASARAN  kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

5. KONSEP PEMASARAN SOSIAL  tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

6. KONSEP PEMASARAN GLOBAL  manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap, tujuan akhirnya adalah upaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

SISTEM PEMASARAN

Pengertian :
Sistem adalah sekolompok item atau bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan terpadu.
Sistem Pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang elakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

Dalam pemasaran kelompok item yg saling berhubungan dan saling berkaitan mencakup :
1. Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja pemasaran
2. Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan
3. Target pasar
4. Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan)
5. Kendala lingkungan (environmental constraints).

Sistem pemasaran yang paling sederhana terdiri dari 2 unsur yg saling berkaitan yaitu, organisasi pemasaran dan target pasarnya.

Macam-macam sistem pemasaran :

a. Sistem pemasaran dengan saluran vertika produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan. Pada sistem ini, ada 2 atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul. Tujuan : mengendalikan perilaku saluran, mencegah perselisihan para anggota saluran.
b. Sistem pesaran dengan saluran ganda beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar