Minggu, 08 Mei 2011

Modul Pemasaran - Strategi Pemasaran

STRATEGI PEMASARAN


STRATEGI PEMASARAN adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.

Faktor utama yang menyebabkan perubahan strategi dalam pemasaran, yaitu :
1. DAUR HIDUP PRODUK  strategi harus disesuaikan dgn tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2. POSISI PERSAINGAN PERUSAHAAN DI PASAR  strategi harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan apakah, memimpin, menantang, mengikui atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3. SITUASI EKONOMI  strategi harus disesuaikan dengan situasi eonomi dan pandangan ke depan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

MACAM-MACAM STRATEGI PEMASARAN, diantaranya adalah :
1. Strategi Kebutuhan Primer :
Strategi pemasaran untuk merancang kebutuhan primer, yaitu : Menambah Jumlah Pemakai, Meningkatkan Jumlah Pembeli, dan Strategi Kebutuhan Selektif.
Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan, dengan cara : memelihara kepuasan pelanggan, menyederhanakan proses pembelian, mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merek.
b. Menjaring pelanggan (acquistion strategier), dengan cara : mengambil posisi berhadapan (head to head positioning), mengambil posisi berbeda (differentiated position).

Strategi Pemasaran dibagi ke Dalam 4 Jenis, Yaitu :
1. Merangsang kebutuhan primer dgn menambah jumlah pemakai
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
4. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru

SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
Atau segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisa perbedaan antara pembeli di pasar.

DASAR-DASAR PENETAPAN SEGMENTASI PASAR
1. Pasar Konsumen
A. Variabel geografi  wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, kepadatan, dan iklim.
B. Variabel demografi  umur, keluarga, siklus, hidup, pendapatan, pendidikan, dll.
C. Variabel psikologi  kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
D. Variabel perilaku pembeli  manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan, dan sikap pada produk.

2. Pasar Industri
a. Tahap 1  menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis dan banyaknya langganan
b. Tahap 2  sikap terhadap penjual, ciri-ciri kepribadian, kualitas produk dan pelanggan.

SYARAT SEGMENTASI PASAR
1. Dapat diukur
2. Dapat dicapai
3. Cukup besar atau cukup menguntungkan
4. Dapat dibedakan
5. Dapat dilaksanakan

TINGKAT SEGMENTASI PASAR

Tingkat segmentasi pasar terjadi karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik, setiap pembeli berpotensi menjadi pasar yang terpisah.
1. PEMASARAN MASSAL  berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
2. PEMASARAN SEGMEN  bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
3. PEMASARAN CERUK (marketing niche)  berfokus pada sub grup di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefenisikan dengan yang lebih sempit.
4. PEMASARAN MIKRO  praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

MANFAAT SEGMENTASI PASAR
1. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran
2. Penjualan/produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
3. Penjual atau produsen dapat mengatur lebih baik dan daya tarik pemasarannya.

LANGKAH-LANGKAH DALAM MENENTUKAN PASAR SASARAN :
1. Langkah Pertama  menghitung dan menilai potensi keuangan dari berbagai segmen yang ada
2. Langkah Kedua  mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar