Selasa, 10 Mei 2011

Kewirausahaan - Wirausaha & Peluang Bisnis


WIRAUSAHA DAN PELUANG BISNIS
Para wirausahawan adalah individu-individu yang berorientasi pada tindakan, mempunyai motivasi tinggi, dan bersedia mengambil risiko yang telah diperhitungkan, dalam usaha mencapai tujuan.
Ciri-ciri Wirausahawan adalah :

1.       Percaya diri
2.       Orientasi pada tugas dan hasil
3.       Siap mengambil risiko yang telah diperhitungkan
4.       Berwatak pemimpin
5.       Mempunyai pemikiran orosinal (inovatif dan kreatif)

Yang pasti jika anda memiliki ciri-ciri tersebut, anda siap untuk menjadi wirausahawan.
Kemudian pengalaman dan keuletan yang akan menentukan sebagai :
  •       wirausahawan kecil
  •      wirausahawan besar
BOB SADINO
Peluang Bisnis, jika anda masih mengatakan bahwa tidak ada peluang bisnis untuk memulai usaha anda, maka anda sesungguhnya berjalan dengan mata terpejam dan mata tertutup, artinya anda bukan seorang wirausahawan.
Seorang wirasusahawan adalah seorang yang berorientasi pada tujuan (tetapkan tujuan, melangkah, tetap ulet & tekun dalam perjalanan usaha)
Di atas segala-galanya jangan lupa yang terpenting : “berdoalah untuk setiap yang anda kerjakan, dan bersyukurlah kepada Allah SWT untuk setiap rejeki (betapapun kecilnya) yang anda peroleh.
Motivasi berwirausaha :
  • -          mencari untung
  • -          melaksanakan hobby
  • -          beribadah
SEMANGAT WIRAUSAHA MERUPAKAN ASET DAN KEWAJIBAN PERUSAHAAN

Semangat wirausaha yang melahirkan suatu perusahaan melalui kesuksesan awal juga berperan dalam mengakhiri hidup perusahaan.


Keterlibatan pengusaha dengan suatu produk dan proses


Hindari kesalahan melalui proses :
-          mengidentifikasi produk
-          menganalisis pasar dan posisi persaingan
-          menfokuskan kekuatan perusahaan


dengan memperhatikan pertanyaan2 sbb:
-          Apakah pembeli produk benar-benar ada?
-          Apakah kita mempunyai produk yg dapat memuaskan kebutuhan mereka?
-          Apakah kita mempunyai sumber daya yg diperlukan untuk meraih pembeli produk?
-          Apakah ada pihak lain yng membuat produk tersebut?
-          Bagaiamana produk kita bisa berbeda dgn produk mereka?
-          Kenapa masyarakat membeli produk kita, bukan produk mereka?
(kebanyakan pemilik usaha kecil tidak memperdulikan langkah-langkah ini)

Pada umumnya pengusaha kecil cenderung berspekulasi dan meniru -> lebih membanggakan dirinya sebagai pelaku daripada pemikir à masalah manusia dengan tindakannya (man of action)
Mengenal kemampuan diri sendiri untuk mendirikan usaha :
  • -          Mendapatkan apa yang anda inginkan tnapa membuat banyak orang sakit hati
  • -          Melihat hambatan dan masalah potensial dan mengatasinya
  • -          Berpikir cepat
  • -          Bisa menyampaikan pesan anda kepada orang lain
  • -          Kompeten secara teknis hingga tingkat tertentu
  • -          Melihat kesempatan untuk mengembangkan diri
  • -          Memimpin bukan dipimpin
  • -          Tidak menyerah bila ada hambatan
  • -          Berbadan sehat
  • -          Siap untuk maju
  • -          Bertekad untuk berhasil
Kelebihan lain yang banyak membantu :
  • -          Dukungan keluarga
  • -          Pengalaman manajemen
  • -          Terampil dengan angka-angka
  • -          Terbiasa menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus
  • -          Latar belakang keluarga dalam dunia bisnis
  • -          Memiliki keterampilan khusus
  • -          Trampil dalam mengatasi permasalahan
 Faktor-faktor yang mempengaruhi start-up (wirausaha pemula) dan pengembangan usaha kecil :
 
1.       Motivasi dan Komitmen
-          Mengapa mereka/kita ingin masuk usaha tersebut?
-          Berapa lama telah dicoba?
-          Usaha-usaha apa sebelumnya yang pernah dicoba?
-          Seberapa besar dukungan keluarga?
-          Bagaimana keinginan mereka untuk terus hidup bertahan?
2.       Kemampuan dan Pengalaman
-          Pengalaman sebelumnya dalam usaha kecil
-          Untuk/telah berapa lama?
-          Dalam posisi apa?
-          Adakah pengalaman manajemen yang relevan?
-          Mengenal/tidak mengenal kekuatan dan kelemahan?
-          Suasana/situasi keluarga dan keterlibatannya
-          Partner/bantuan manajemen yang tersedia
3.       Ide dan Pasar
-          Apa produknya/jasanya?
-          Adakah produknya sudah dikembangkan?
-          Apakah konsumen sudah mengetahui produk tersebut?
-          Siapa konsumennya?
-          Berapa banyak produk yang dapat anda jual
-          Bagaimana persaingannya
4.       Sumber Daya yang diperlukan dan Tersedia
-          Berapa skala yang diharapkan dalam bisnis anda?
-          Apakah cukup realistis untuk membuat perusahaan berjalan?
-          Sumber daya apa yang dibutuhkan (mesin, bahan baku, tenaga, modal, dsb)
-          Apakah ada persyaratan/kebutuhan khusus?
-          Apakah sudah anda dapatkan?
-          Jika belum, bagaimana mendapatkannya?
-          Bentuk pendanaan bagaimana yang diperlukan?
-          SDM yang bagaimana yang diperlukan?
-          Apakah ada hubungan finansial dengan mitra?