Minggu, 08 Mei 2011

PERDAGANGAN - JASA ANGKUTAN

JASA ANGKUTAN


3 Jenis bencana yang mungkin menimpa kapal maupun muatan yang diangkut :

1. Bencana Alam
Yang dimaksud dengan bencana alam a.l : badai, Gelombang, Angin, kabut, kapal kandas, Pulau karang, gunung es, kapal kandas, Tabrakan kapal,
2. Perbuatan Manusia
- Bencana yang disebabkan oleh awak kapal.
- Bencana yang ditimbulkan oleh pihak ketiga.
- Bencana yang ditimbulkan oleh pemilik barang.
3. Sifat-sifat dari muatan sendiri

Jenis Kerusakan dan Kerugian dalam Pengangkutan Laut
1. Total loss Kerugian karena lenyap seanteronya terdiri dari
a. Actual Total loss artinya kapal dan muatan secara phisik lenyap seanteronya
b. Constructive Total loss artinya bila kapal dan muatan kehilangan seluruh sifatnya semula, sekalipun secara phisik tidak rusak.

Jasa Angkutan
Eksport-Import dapat diangkut melalui:
1. Angkutan Laut
2. Angkutan Udara
3. Angkutan Darat
4. Jasa kantor pos
5. Angkutan gabungan

Yang dimaksud angkutan gabungan adalah pengangkutan barang diangkut sekurang-kurangnya dua alat angkut yang berbeda dari suatu tempat di negara satu ke negara lain

Kemasan dan Angkutan
Sebagian besar eksport-import di angkut melalui laut. Karena itu jasa pelayaran pegang peranan penting.

Hambatan yang dialami jasa pelayaran :
1. Rendahnya kemampuan memuat bongkar barang.
2. Upah buruh yang selalu meningkat

Untuk mengatasi 2 hambatan timbul gagasan :
• Menggunakan Bantalan-munggah(pullets)
• Menggunakan Peti Kemas apung (Lighters aboart the ship/LASH)
• Peti Kemas ( Container)
• Kapal tangki (Tankers)
• Kapal Curah (Bluk – Carrier)
• Kapal Petak ( Cellular Ship )

Peti Kemas
Peti Kemas adalah Peti yang terbuat dari logam untuk memuat barang-barang umum/ muatan umum.

Jenis-jenis Peti Kemas
1. RORO (Roll On Roll Of)  Yaitu Peti-kemas yang beroda bahkan ada yang bermesin
2. Peti- kemas Apung (LASH)  Yaitu tongkang-tongkang atau barges baik bermesin maupun tidak/ditarik, yang ditarik untuk menyimpan muatan.
3. Peti kemas Apung ( Sea-Train)  sama dengan LASH ( tongkang-tongkang besar yang berfungsi sebagai peti kemas di laut.)

Beberapa Masalah Peti Kemas
1. Alat bongkar muat perlu derek darat/derek laut berkapasitas besar.
2. Perlu terminal peti kemas
3. Diperlukan alat angkut seperti Trailerdengan kapasitas besar.
4. Peti kemas hanya cocok untuk barang-barang industri/kurang cocok untuk barang hasil pertanian.

Faedah Peti Kemas
1. Muat-bongkar cepat dilakukan
2. Kerusakan barang berkurang
3. Persentase hilangnya barang berkurang
4. Pengawasan barang mudah
5. Percampuran barang dapat dihindarkan utk barang-barang yg sebenarnya tdk boleh dicampur.

Pelayaran Samudra
Pelayaran Samudra (Ocean shiping Company) adalah Perusahaan yang mempunyai jaringan-jaringan pelayaran yang menghubungkan antara satu pelabuhan dengan pelabuhan lain hampir keseluruh pelosok dunia dengan tujuan untuk mempermudah pemindahan barang dan penumpang dari satu tempat ke tempat lain.

Liner &Tramper
Adalah Pelayaran samudra yg menyelenggarakan pelayaran tetap & teratur dan menghubungkan rute-rute tertentu (disebut Liner), sedangkan perusahaan yang tidak punya rute tertentu disebut Tramper.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar